Aplikasi SMS Center PA Muara Bulian dengan Fitur Auto Reply dan Terintegrasi dengan Database SIPP (21/12)
MuaraBulian | pa-muarabulian.go.id –
PA Muara Bulian melakukan inovasi terhadap pelayanan publik berupa sms center dengan auto replay yang terintegrasi dengan database SIPP dan dilengkapi notifikasi kelengkapan data pada aplikasi SIPP.
Setelah berhasil meningkatkan persentase penyelesaian perkara terkait aplikasi SIPP (95,58%), memaksimal aplikasi pendukung SIPP yaitu TV Media dan Antrian Sidang, mengganti template website sesuai pedoman MA, melengkapi anonimasi putusan di direktori Putusan, dan membuat serta melengkapi perpustakaan online, kini tampil lagi inovari baru berupa sms center.
Ketua PA Muara Bulian H. Afrizal dan Wakil Ketua Samsul Fadli menyampaikan agar tim IT PA Muara Bulian yang dikomandoi Ahyar Siddiq dan Novriandi dapat mengembangkan suatu aplikasi yang terintegrasi langsung dengan database SIPP dalam rangka memberikan pelayanan yang prima dan maksimal kepada masyarakat. Hal ini bukan hanya untuk gaya-gayaan, tapi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
"Buatlah inovasi untuk pelayanan prima bagi masyarakat," pinta Ketua PA Muara Bulian H. Afrizal.
Untuk mewujudkan permintaan Ketua tersebut, tim IT PA Muara Bulian disela-sela pelaksanaan sidang keliling mengadakan survei dan menanyakan langsung kepada masyarakat terkait layanan informasi apa saja yang diinginkan dari PA Muara Bulian dan mencari tahu media apa yang lebih dipahami oleh masyarakat. Dari survei tersebut diketahui bahwa masyarakat di wilayah hukum PA Muara Bulian lebih mengetahui dan memahami media SMS serta mengharapkan informasi dapat mereka terima melalui sarana SMS tersebut.
Dengan didasarkan hal tersebut akhirnya dengan persetujuan pimpinan, tim IT PA Muara Bulian kembali mengembangkan aplikasi SMS Center dengan layanan auto replay yang terintegrasi dengan database SIPP dan dilengkapi notifikasi kelengkapan data pada aplikasi SIPP.
Aplikasi SMS Center bukanlah hal yang baru di PA khususnya PA Muara Bulian karena sebelumnya, PA Muara Bulian telah memiliki sarana SMS Center tetapi bersifat manual (membutuhkan operator utk membalas SMS). Dan dengan di-upgade-nya aplikasi ini maka fungsi operator tidak diperlukan lagi.
Layanan aplikasi SMS Center ini menyerupai cara cek pulsa yang meberikan layanan auto replay dan memberikan akses kepada masyarakat untuk mengetahui info perkara, jadwal sidang, biaya perkara termasuk sisa panjar, nformasi Akta Cerai. Kemudian SMS Center ini juga memberikan layanan pengaduan secara online. Setiap SMS yang dikirim oleh masyarakat, maka sms tersebut akan dibalas secara otomatis oleh aplikasi SMS Center karena aplikasi ini telah terintegrasi langsung dengan aplikasi SIPP PA Muara Bulian.
Aplikasi SMS Center dengan layanan auto replay yang terintegrasi dengan database SIPP ini dapat dijadikan salah satu program unggulan karena kemudahan aksesnya dan sangat dipahami masyarakat yang pada kenyataan masih mengandalkan handphone lama (baca: yang ada centernya) ketimbang berbasis android yang membutuhkan jaringan internet untuk bisa mengakses website atau aplikasi di google play.
Selain untuk memenuhi keinginan masyarakat, aplikasi ini juga dipersenjatai dengan layanan notifikasi berbentuk SMS secara otomatis dikirim oleh sistim yang berguna sebagai pengingat bagi Panitera Pengganti maupun Hakim agar melengkapi data pada aplikasi SIPP. Notifikasi tersebut di antaranya notifikasi keterlambatan input penundaan sidang, notifikasi keterlambatan input amar putusan/penetapan, notifikasi pengembalian sisa panjar, notifikasi minutasi dan BHT, notifikasi e-doc, notifikasi input data ikrar talak (PMH dan PHS) dan notifikasi keterlambatan input amar ikrar talak.
Ketua dan Wakil Ketua PA Muara Bulian sangat mengapresiasi atas terwujudnya aplikasi layanan SMS Center ini.
“Alhamdulillah, layanan SMS Center sudah aktif dan sudah bisa digunakan oleh masyarakat, pada tahun-tahun sebelumnya layanan yang sama sudah ada di PA Muara Bulian, namun tidak berjalan dengan efektif dan hanya bersifat manual, semoga di era SIPP layanan ini dapat berjalan dengan efektif dan terus berlangsung demi memberikan kemudahan kepada masyakat terkait informasi perkara," ujar H. Afrizal memberikan apresiasi.
Dirinya berjanji berjanji akan menyampaikan keberadaan aplikasi ini kepada Ketua PTA Jambi dan Ketua tim IT wilayah PTA Jambi agar aplikasi ini dapat di launching segera.
"Akan saya sampaikan inovasi ini kepada Ketua PTA Jambi sekaligus mohon agar beliau dapat melaunchingnya," tandas H. Afrizal.
Ketua tim IT PA Muara Bulian Ahyar Siddiq merasa bersyukur dan berbangga karena aplikasi SMS Center dengan layanan auto replay dan terintegrasi dengan database SIPP serta dilengkapi dengan berbagai fitur notifikasi yang tersistematis oleh sistem ini adalah yang pertama di lingkungan Peradilan Agama.
"Syukur alhamdulillah, sms center ini adalah yang pertama di lingkungan PA," ungkap Ahyar Siddiq memuji. (Jurdilaga PA Muara Bulian).
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas