Inilah Tausiyah Hakim Tinggi PTA Jambi (04/01)
Drs. M. Nasir Mas, SH., MH.
Mengawali tahun 2016, PTA Jambi kembali menggelar bina mental yang diikuti oleh Hakim Tinggi, pejabat struktural dan fungsional serta staf, Senin (04/01).
Yang bertindak sebagai penceramah adalah salah seorang Hakim Tinggi Drs. M. Nasir Mas, SH., MH. Dalam tausiyahnya yang berdurasi sekitar 15 menit tersebut, M. Nasir Mas menyampaikan tentang kebersihan. Ia mengawali ceramahnya dengan mengutip hadits yang artinya, kebersihan adalah sebagian dari iman. Menurutnya, kalaupun hadits tersebut telah populer di masyarakat, tapi tetap relevan dibicarakan.
“Kebersihan itu adalah bagian dari iman,” pungkasnya menjelaskan.
Hakim Tinggi yang berasal dari Kabupaten Kampar Provinsi Riau ini, menginginkan agar PTA Jambi dan PA sewilayah PTA Jambi bersih lingkungan kerjanya. Dirinya mengusulkan, agar dalam HUT PTA Jambi yang ke 23 yang akan diperingati pada bulan Pebruari yang akan datang diadakan perlombaan kebersihan kantor.
“Saya usulkan kepada Panitia HUT PTA Jambi supaya mengadakan lomba kebersihan kantor PA,” ujarnya menyarankan.
Disebutkannya lebih lanjut, pada waktu Hakim Agung M. Iman Anis, SH masih aktif dan apabila beliau berkunjung ke PA, maka yang mula-mula diperiksanya adalah kamar mandi. Sebab, urainya menjelaskan, apabila kamar mandi telah bersih, maka dapat dipastikan ruangan yang lain sudah bersih.
“Saya masih ingat, Pak Iman Anis selalu mencek kebesihan kamar mandi apabila beliau berkunjung ke PA,” urainya mengenang masa lalu itu.
M. Nasir Mas menjelaskan, sebenarnya menjaga kebersihan itu tidaklah sulit. Dirinya mengajak kepada semua Hakim Tinggi dan pegawai lainnya untuk memulai menjaga kebersihan dari meja kerja masing-masing. Misalnya, urainya menjelaskan, janganlah berantakan kertas di atas meja, tapi harus tersusun dengan rapi dan mejanya bersih dari kotoran.
“Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, dan tidak cukup hanya diserahkan kepada Bagian Umum,” pungkas Hakim Tinggi yang pintar main tenis ini seraya menutup tausiyahnya. (AHP)
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas